Sabtu, 21 November 2015

Contoh makalah TIGA KERANGKA DASAR


TIGA KERANGKA DASAR
AGAMA HINDU










akper..poltekkes.tanjung.karang.jpg 











Disusun Oleh :


     Ni Luh Putu Martin
                                                 NIM      : 1515471023




KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN TANJUNG KARANG
PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN METRO
TAHUN AKADEMIK  2015 – 2016



KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga makalah ini dapat penulis selesaikan tepat pada waktunya, yaitu  dengan judul  “TIGA KERANGKA DASAR.  Makalah ini disusun dengan berbagai sumber yaitu media cetak dan media pendukung lainnya. Makalah ini dibuat berbagai tujuan yaitu sebagai  menyelesaikan tugas mata kuliah Pendidikan Agama dan , untuk menambah pengetahuan serta wawasan.
 Dalam ajaran Agama Hindu dapat dibagi menjadi tiga bagian yang dikenal dengan "Tiga Kerangka Dasar", di mana bagian yang satu dengan lainnya saling isi mengisi atau berkaitan dan merupakan satu kesatuan untuk dihayati dan diamalkan guna mencapai tujuan agama yang disebut Jagadhita dan Moksa.
Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terselesainya makalah ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.


                                                           


                                                                                                        Metro,  14 Oktober  2015


                                                                                                                       Penulis





DAFTAR ISI
Halaman Judul………………………………………………………………………...i.
Kata pengantar………………………………………………………………..……….ii
Daftar isi……………………………………………………………………...……....iii
Bab I pendahuluan…………………….................................................................1
            1.1  Latar Belakang……………………………………………………………1
           1.2Rumusan Masalah…………………………………………..……………...1
           1.3 Tujuan………………………………..…………………………………....1
1.4 Manfaat…………………………………………….……………………...2
BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………………3
            2.1   Pengertian Tiga Kerangka Dasar Agama Hindu………………………...3
            2.2   Bagian-Bagian Tiga Kerangka Dasar  Agama Hindu……………………3

BAB III PENUTUP……………………………………………………………………7
            3.1 Kesimpulan ………………………………………………………………..7
            3.2 Saran……………………………………………………………………….7
Daftar Pustaka…………………………………………………………………………..8


















BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

            Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Hindu memiliki ajaran-ajaran mengenai pedoman hidup . Pada dasarnya agama HINDU memiliki 3 kerangka dasar yang yang menjadi pedoman yang kokoh dan kuat dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. Jika seseorang mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari maka akan mendapatkan kebahagiaan sejati.
            Tiga kerangka dasar adalah dasar untuk mencapai tujuan hidup yaitu jagaditha dan moksa. Kebahagiaan hidup manusia akan tercapai apabila dapat dikembangkan hubungan yang selaras/harmonis, serasi dan seimbang diterapkan sebagai individu atau warga negara dalam merencanakan dan   menjalankan kehidupan sehari-hari.
Sebagai seseorang yang hidup di era modern ini mau tidak mau tentu kita dituntut untuk mengikuti perkembangannya. Agama hindu telah mengajarkan kepada kita bagaimana seharusnya kita menjalani kehidupan ini melalui ajaran-ajaranya, dan ajaran yang membahas tentang hal ini adalah tiga kerangka yang menjadi sangat berkaitan dan perlu menjadi pedoman bagi kita semua.

1.2  Rumusan Masalah

a.       Jelaskan pengertian tiga kerangka dasar agama hindu?
b.      Apa saja bagian-bagian tiga kerangka dasar agama hindu?

1.3  Tujuan

a.       Untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh pebimbing Pendidikan Agama Hindu
b.      Untuk mengetahui bagaimana pengertian tiga kerangka dasar agama hindu
c.       Untuk mengetahui bagian-bagian tiga kerangka dasar agama hindu
1.4 Manfaat

            Umat hindu sedharma menjadi tahu mengenai pedoman hidup dalam agama hindu baik bagi anak-anak, orangtua , maupun masyarakat umum.



























BAB 2
PEMBAHASAN

2.1   Pengertian Tiga Kerangka Dasar Agama Hindu

       Dalam ajaran Agama Hindu dapat dibagi menjadi tiga bagian yang dikenal dengan "Tiga Kerangka Dasar", di mana bagian yang satu dengan lainnya saling isi mengisi atau berkaitan dan merupakan satu kesatuan yang bulat untuk dihayati dan diamalkan guna mencapai tujuan agama yang disebut Jagadhita dan Moksa.


2.2   Bagian-Bagian Tiga Kerangka Dasar  Agama Hindu
                  Bagian-bagian tiga kerangka dasar  agama hindu  tersebut adalah: 
            a.       Tattwa  
Tatwa berasal dari bahasa sansekerta. Tattwa memiliki berbagai pengertian seperti : kebenaran, kenyataan, hakekat hidup, sifat kodrati, dan segala sesuatu yang bersumber dari kebenaran. Agama Hindu mempunyai kerangka dasar kebenaran yang sangat kokoh karena masuk akal dan konseptual. Konsep pencarian kebenaran yang hakiki di dalam Hindu diuraikan dalam ajaran filsafat yang disebut Tattwa. Tattwa dalam agama Hindu dapat diserap sepenuhnya oleh pikiran manusia melalui beberapa cara dan pendekatan yang disebut Pramana. Ada 3 (tiga) cara penyerapan pokok yang disebut Tri Pramana. Tri Pramana ini adalah tiga cara untuk memperoleh pengetahuan, antara lain:

1) Agama pramana     :  Percaya didasarkan keterangan para orang suci;
 2) Anumana Pramana: Percaya dengan menarik kesimpulan dari adanya tanda-tanda; dan
3) Pratyaksa Paramana: Percaya berdasarkan kenyataan.

            Tri Pramana ini, menyebabkan akal budi dan pengertian manusia dapat menerima kebenaran hakiki dalam tattwa, sehingga berkembang menjadi keyakinan dan kepercayaan. Kepercayaan dan keyakinan dalam Hindu disebut dengan sradha. Dalam Hindu, sradha dibagi menjadi 5 (lima) esensi, disebut Panca Sradha.    Panca sradha adlah 5 keyakinan dalam agama hindu, yang mana bagian-bagiannya adalah sebagai berikut:   
  
1.      Sradha brahmanyaitu keyakinan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa sebagai mahapencipta, mahakuasa dan mahapengampun.
2.      Sradha atman  ,yaitu keyakinan terhadap atma sebagai sumber hidup dari seluruh makhluk berasal dari brahman. Bersifat abadi, tidak berubah tidak mati, sebagaimana sifat-sifat tuhan / braman. Ada dalam setiap makhluk.
3.       Sradha karma phalayaitu keyakinan terhadap bahwa setiap perbuatan mendapatkan pahala / hasil.
4.      Sradha punarbhawaKeyakinan terhadap kelahiran kembali ke dunia. Kualitas kelahiran kembali kedunia ditentukan oleh kualitas karma masing-masing orang.

5.      Sradha moksaKeyakinan terhadap adanya kebahagiaan yang kekal abadi, yaitu bersatunya kembali atma kepada brahman. Inilah yang menjadi tujuan tertinggi setiap umat hindu.

Berbekal Panca Sradha yang diserap menggunakan Tri Pramana ini, perjalanan hidup seorang Hindu menuju ke satu tujuan yang pasti. Ke arah kesempurnaan lahir dan batin yaitu Jagadhita dan Moksa. Ada 4 (empat) jalan yang bisa ditempuh, jalan itu disebut Catur Marga. Catur Marga ialah empat jalan atau cara mengamalkan agama Hindu (Veda) dalam kehidupan dan dalam bermasyarakat. Oleh karena keadaan dan kemampuan lahir-batin umat Hindu tidak semua sama maka Veda mengajarkan Catur Marga (empat jalan) agar semua umat dapat beragama sesuai kemampuannya. Bagian-bagian Catur Marga antara lain : 

1.    Bhakti Marga : Mengamalkan agama dengan melaksanakan bhakti/sembahyang, cinta kasih terhadap sesama ciptaan Tuhan, baik sesama manusia maupun dengan makhluk lain yang lebih rendah dari manusia yang disertai sarana bhakti. Jadi apabila orang telah bersembahyang dan hidup kasih sayang terhadap sesama makhluk itu berarti telah mengamalkan ajaran Veda melalui jalan bhakti
2.    Karma Marga : Mengamalkan agama dengan berbuat Dharma atau kebajikan seperti mendirkan tempat suci (pura) dan merawatnya, menolong orang yang kesusahan, melaksanakan kewajiban sebagai anggota keluarga/ anggota masyarakat dan berbagai kegiatan sosial (subhakarma) lainnya yang dilandasi dengan ikhlas dan rasa tanggung jawab. Itulah pengalaman agama dengan kerja (karma).
3.    Jnana Marga : Mengamalkan agama dengan jalan mempelajari, memahami, menghayati, menyebarkan agama dan ilmu pengetahuan-ketrampilan (IPTEK) dalam kehidupan sehari-hari. Jadi berdiskusi, memberi ceramah atau menyebarkan ajaran agama, mengajarkan ketrampilan positif berarti sudah mengamalkan agama melalui Jnana Marga.
4.    Raja Marga : Mengamalkan agama dengan melakukan Yoga, bersemadi, tapa atau melakukan Brata (pengendalian diri) dalam segala hal termasuk upawasa (puasa) dan pengendalian seluruh indria.

Demikianlah tattwa Hindu Dharma. Tidak terlalu rumit, namun penuh kepastian. Istilah-istilah yang disebutkan di atas janganlah dianggap sebagai dogma, karena dalam Hindu tidak ada dogma. Yang ada adalah kata bantu yang telah disarikan dari sastra dan veda, oleh para pendahulu kita, agar lebih banyak lagi umat yang mendapatkan pencerahan, dalam pencarian kebenaran yang hakiki.


            b.      Susila

Susila merupakan kerangka dasar Agama Hindu yang kedua setelah filsafat (Tattwa). Susila memegang peranan penting bagi tata kehidupan manusia sehari-hari. Realitas hidup bagi seseorang dalam berkomunikasi dengan lingkungannya akan menentukan sampai di mana kadar budi pekerti yang bersangkutan. la akan memperoleh simpati dari orang lain manakala dalam pola hidupnya selalu mencerminkan ketegasan sikap yang diwarnai oleh ulah sikap simpatik yang memegang teguh sendi- sendi kesusilaan.
Di dalam filsafat (Tattwa) diuraikan bahwa agama Hindu membimbing manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup seutuhnya, oleh sebab itu ajaran sucinya cenderung kepada pendidikan sila dan budi pekerti yang luhur, membina umatnya menjadi manusia susila demi tercapainya kebahagiaan lahir dan batin.
Kata Susila terdiri dari dua suku kata: "Su" dan "Sila". "Su" berarti baik, indah, harmonis. "Sila" berarti perilaku, tata laku. Jadi Susila adalah tingkah laku manusia yang baik terpancar sebagai cermin obyektif kalbunya dalam mengadakan hubungan dengan lingkungannya.
Pengertian Susila menurut pandangan Agama Hindu adalah tingkah laku hubungan timbal balik yang selaras dan harmonis antara sesama manusia dengan alam semesta (lingkungan) yang berlandaskan atas korban suci (Yadnya), keikhlasan dan kasih sayang.
Pola hubungan tersebut berprinsip pada ajaran Tat Twam Asi (Ia adalah engkau) mengandung makna bahwa hidup segala makhluk sama, menolong orang lain berarti menolong diri sendiri, dan sebaliknya menyakiti orang lain berarti pula menyakiti diri sendiri. Jiwa sosial demikian diresapi oleh sinar tuntunan kesucian Hyang Widi dan sama sekali bukan atas dasar pamrih kebendaan. Dalam hubungan ajaran susila beberapa aspek ajaran sebagai upaya penerapannya sehari- hari diuraikan lagi secara lebih terperinci.
1.4          
1.    Tri Kaya Parisudha adalah tiga jenis perbuatan yang merupakan landasan ajaran Etika Agama Hindu yang dipedomani oleh setiap individu guna mencapai kesempurnaan dan kesucian hidupnya.
2.    Panca Yama dan Niyama Brata adalah lima kebaikan yang harus dilakukan dan lima keburukan yang harus dipantang.
3.    Tri Mala adalah tiga sifat buruk yang dapat meracuni budi manusia yang harus diwaspadai dan diredam sampai sekecil- kecilnya.
4.    Sad Ripu adalah enam musuh yang di dalam diri manusia yang selalu menggoda, yang mengakibatkan ketidakstabilan emosi.
5.    Catur Asrama adalah empat tingkat kehidupan manusia dalam agama Hindu, disesuaikan dengan tahapan-tahapan jenjang kehidupan yang mempengaruhi prioritas kewajiban menunaikan dharmanya.
6.    Catur Purusa Artha adalah empat dasar tujuan hidup manusia.
7.    Catur Warna berarti empat pilihan hidup atau empat pembagian dalam kehidupan berdasarkan atas bakat (guna) dan ketrampilan (karma) seseorang.
8.    Catur Guru adalah empat kepribadian yang harus dihormati oleh setiap orang Hindu.

        c.   Yadnya atau Upacara
Yadnya adalah suatu karya suci yang dilaksanakan dengan ikhlas karena getaran jiwa atau rohani dalam kehidupan ini berdasarkan dharma, sesuai ajaran sastra suci Hindu yang ada (Weda). Yadnya dapat pula diartikan memuja, menghormati, berkorban, mengabdi, berbuat baik (kebajikan), pemberian, dan penyerahan dengan penuh kerelaan (tulus ikhlas) berupa apa yang dimiliki demi kesejahteraan serta kesempurnaan hidup bersama dan kemahamuliaan Sang Hyang Widhi Wasa. Di dalamnya terkandung nilai-nilai:

1.  Rasa tulus ikhlas dan kesucian.
2.  Rasa bakti dan memuja (menghormati) Sang Hyang Widhi Wasa, Dewa, Bhatara,   Leluhur, Negara dan Bangsa, dan kemanusiaan.
3.   Di dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing menurut    tempat (desa), waktu (kala), dan keadaan (patra).
4.   Suatu ajaran dan Catur Weda yang merupakan sumber ilmu pengetahuan suci dan kebenaran yang abadi.










BAB 3
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
            Kebahagiaan hidup manusia akan tercapai apabila dapat dikembangkan hubungan yang selaras/harmonis, serasi dan seimbang diterapkan sebagai individu atau warga negara dalam merencanakan dan   menjalankan kehidupan sehari-hari.

3.2  Saran
              Dari penjelasan mengenai kerangka tiga dasar agama hindu maka sebaiknya umat Hindu bisa menjadikan tiga kerangka dasar agama hindu menjadi pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan sehari-sehari agar tercapainya kehidupan yang teratur, damai, sejahtera.
























DAFTAR PUSTAKA

Sudirga, Ida Bagus. 2010, PELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK KELAS X SMA KURIKULUM KTSP, Surabaya:”PARAMITA”



1 komentar:

  1. terimakasih atas makalah ini.......... bisa menambah wawasan agar lebih memahami lebih jelas tentang Kerangka dasar dan kelanjutannya

    BalasHapus